SOSOK PEMBELAJAR YANG SENANG BERMIMPI

26 Mei 2007

SEBERAPA BERMANFAATKAH ANDA?


Dalam agama manusia diciptakan ke dunia ini tidak lain adalah untuk bisa menjadi rahmatan lil alamin, artinya ketika manusia berada didunia diharapkan bisa membawa berkah bagi semesta alam, jelas alam itu sendiri bukan hanya manusia saja tapi juga hewan dan tumbuhan. Disini jelas bahwa manusia diciptakan yang pertama jelas untuk beribadah kepada Alloh, untuk kontek ini saya tidak akan jelaskan secara detail, karena pamahaman saya sendiri terhadap hal ini memang kurang. Kemudian yang kedua yang ingin saya soroti adalah bahwa manusia itu diciptakan untuk bisa memberi manfaat buat sesama. Maksudnya adalah kehadiran manusia itu sendiri bisa memberi arti buat yang lain.

Terkait dengan hal tersebut diatas, ada satu hal yang ingin saya tekankan adalah, bahwa saya percaya dan yakin bahwa manusia yang terbaik adalah manusia yang ketika hidupnya dia banyak memberi manfaat buat orang lain, dan itulah manusia yang paling mulia, manusia yang paling hebat dan manusia yang paling dahsyat. Jadi hemat saya ukuran untuk bisa menjadi manusia sukses sebenarnya bukan seberapa banyak dia punya materi, atau seberapa besar posisi dan jabatan yang ia pegang, tapi jauh dari itu sebenernya ketika manusia itu bisa dikatakan sukses dalam hidup adalah dengan seberapa besar kehadirannya bisa memberi manfaat dan arti buat sesama.

Berbicara tentang arti kehadiran seseorang, ternyata ada beberapa tipe orang, yang pertama adalah tipe orang wajib, artinya ketika kehadirannya bisa memberi arti dan ketika dia tidak ada banyak orang kehilangan. Kedua ada orang yang tipe sunah, artinya kehadirannya bisa memberi manfaat tetapi ketidakhadirannya tidak menyebabkan sesuatu hal, jadi tidak ada yang merasa kehilangan. Ketiga tipe orang Mubah, artinya kehadirannya tidak berpengaruh apa2 sama dengan ketidakhadirannya juga tidak memberi kontribusi apa-apa. Yang keempat adalah tipe manusia makruh, yaitu tipe manusia yang ketika kehadirannya justru merugikan orang lain dan ketika dia tidak ada tidak berpengaruh apa-apa. Yang kelima tipe manusia Haram, yaitu tipe manusia yang ketika keberadaan dia justru merugikan orang lain dan ketiadaan dia justru itu yang diharapkan orang lain.

Dari bebrapa tipe manusia ini hendaknya kita bisa merenungi lebih dalam sebenernya kita masuk ke dalam tipe manusia yang seperti apa, tentunya kita semua berharap bahwa kita bisa menjadi manusia wajib, yang kehadiran kita bisa memberi manfaat buat banyak orang, dan ketika kita tidak ada banyak yang merasa kehilangan, alangkah indahnya ketika saat kita telah meninggal nanti kita tetap masih dikenang karena manfaat yang telah kita berikan pada saat kita hidup di dunia. Berminatkah anda menjadi manusia bermanfaat??? SALAM SUKSES!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

e-book motivasi gratiss