SOSOK PEMBELAJAR YANG SENANG BERMIMPI

30 Mei 2007

SATU HAL YANG SAYA KETAHUI BAHWA SAYA TIDAK TAHU


Tulisan ini terilhami dari dari proses diri saya dalam menemukan makna hidup. Banyak hal yang telah saya lalu, dan banyak hal yang bisa dijadikan pembelajaran buat kita. Untuk hal kecil saja kita kadang sulit untuk mau belajar pada seseorang yang umurnya dibawah kita. Kita seakan terhalang dinding yang tebal dan gengsi yang besar untuk mau belajar dengan yang lebih muda. Apalagi bila sosok tersebut (yang lebih muda dari kita) terlihat sok dalam memamerkan kemampuannya. Hal itu akan semakin membuat kita enggan untuk menimba ilmu.

Secara psikologis hal itu sangat wajar dan itu manusiawi, hal ini karena dalam diri manusia ada suara rasa ingin dihargai dan dihormati. Sehingga kita akan merasa takut ketika kita belajar dengan yang lebih muda, maka kita akan kehilangan harga dirinya, dan dia berpikir tidak akan ada lagi orang yang menghormati dia. Namun apakah hal ini memang seperti itu adanya, atau hanya perasaan kita saja? Mari kita bahas...

Terkait dengan masalah tersebut, saya tertarik dengan ungkapannya socrates, salah satu filsuf besar yunani, dia mengatakan : "satu hal yang saya ketahui didunia ini adalah tentang ketidaktahuan saya". Kata-kata ini menurut saya sangat filosofis dan mengandung makna yang sangat besar. Betapa tidak, oleh sebagian orang dianggap salah satu orang besar didunia, tapi dia masih merasa bahwa dia yang paling tidak tahu. Coba bandingkan dengan kita, yang baru punya kemampuan sedikit saja kita sudah banyak pamer ke temen-temen kita. socrates telah mengajarkan kepada kita bagaimana ilmu padi, yaitu semakin berisi semakin merunduk. Alangkah indahnya saya pikir ketika di dunia ini banyak orang yang pinter tapi dia tetap rendah hati atau tawadu. Sehingga di dunia ini bisa terisi orang-orang pintar yang berpikir bijak dan menghargai terhadap orang lain.

Sudah saatnya kita meniatkan hidup kita untuk belajar, agar kita bisa belajar untuk memaknai hidup. Sehingga kita tidak akan merasa gengsi lagi bila kita harus belajar pada orang lain sekalipun orang tersebut lebih muda dari kita ataupun orang tersebut lebih rendah posisinya/jabatannya dari kita, karena ada pepatah lama mengatakan, kalau itu TELOR, walaupun keluar dari "maaf" dubur ayam, maka ambilah. Artinya ketika ada sesuatu kebaikan yang kita lihat, maka ambilah walaupun itu keluar dari anak kecil sekalipun, dan kalau tidak salah agama pun sudah menjelaskan tentang hal tersebut. Akhirnya cuma ada tiga kata untuk hal ini Belajar, Belajar dan Belajar. SALAM SUKSES!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

e-book motivasi gratiss