SOSOK PEMBELAJAR YANG SENANG BERMIMPI

14 Juli 2007

KULIAH DI HARD UNIVERSITY

Banyak orang yang beranggapan bahwa universitas terbaik di dunia adalah Harvard University. Sebuah universitas yang sangat diimpi-impikan oleh sebagian orang untuk bisa belajar menimba ilmu dan pengetahuan. Tapi benarkah persepsi banyak orang kalau Harvard University adalah universitas terbaik di dunia??? Terkait dengan hal tersebut saya tertarik dengan ucapan salah satu dosen Unsoed yaitu Pak Waidi, beliau tidak setuju dengan statement bahwa universitas nomor wahid dan tebaik adalah Harvard University karena menurut beliau ada universitas yang jauh lebih HEBAT dan jauh lebih DAHSYAT di muka bumi ini yaitu Hard University.


Hard University adalah universitas kesulitan yang ada dalam kehidupan, tidak perlu ujian masuk layaknya SPMB atau ujian lokal untuk bisa menjadi anggota. Semua orang bisa masuk tak terkecuali baik itu anak-anak, remaja, ataupun dewasa bahkan tanpa melihat status baik itu miskin ataupun kaya. Sangat mudah untuk masuk tapi sangat sulit untuk keluar dalam mengatasi masalah atau ujian yang dihadapi.

Inilah universitas yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, menuntut seseorang untuk terus belajar dan belajar, untuk bisa bangkit dari kegagalan, bangun lagi dari keterpurukan. Universitas yang sangat mudah sekali untuk dimasuki tapi sangat sulit untuk bisa lulus dari sana. Intelektual dan otak saja tak cukup untuk dijadikan alat dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

Banyak orang yang berhasil di dunia pendidikan formal, tapi gagal total dalam Universitas Kehidupan, seseorang yang berpendidikan tinggi tapi tidak mampu menjaga kehormatannya. Perlu pemaknaan hidup yang dalam untuk bisa melalui ujian dalam universitas ini. Dan jangan harap ada waktu libur setelah anda menghadapi ujian yang satu, karena akan ada ujian yang lebih besar dan lebih sulit lagi. Mengambil istilah Steven Covey asahlah gergajimu, yaitu mengharuskan kita untuk senantiasa meningkatkan kemampuan kita, karena hal ini mutlak dilakukan, untuk bisa berhasil dalam menghadapi ujian tersebut.

Pembaharuan terhadap diri harus terus dilakukan dan tidak pernah mengenal kata maksimal. Oleh karena itu ketika kita ingin berhasil di universitas yang paling HEBAT di dunia yaitu Universitas Kehidupan, maka kita harus belajar, dan belajar. Agar dari proses pembelajaran itu kita mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Sehingga hal ini bisa dijadikan bekal dalam menghadapi segala kesulitan yang akan menimpa kita. SALAM SUKSES !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

e-book motivasi gratiss